Sejarah Besi Beton Bertulang

Metode untuk membuat konstruksi bangunan salah satunya adalah dengan menggunakan konsep besi beton bertulang.



Penggunaan beton pertama kali dilakukan pada tahun 1850 oleh Joseph Monier dan Joseph Lambot mereka adalah warga prancis.


Jual besi beton bertulang Murah Harga Pabrik Kualitas Terbaik. distributor pagar brc, murah harga pabrik. Hot Dip Galvanis dan Elektroplating
Joseph Monier
Jual besi beton Murah Harga Pabrik Kualitas Terbaik. distributor pagar brc, murah harga pabrik. Hot Dip Galvanis dan Elektroplating
Joseph Lambot













 Ketika itu, mereka membuat perahu dan beton yang diberi tulang dari kawat besi yang disusun secara pararel. Hingga pada akhirnya mereka berdua dinyatakan sebagaipenemu konsep besi beton bertulang.

Di tahun 1867 Joseph Monier berhasil mendapatkan hak paten atas hasil karya yang dibuatnya berupa kolam penyimpanair yang dibuat dari besi beton bertulang. Untuk penggunaan konsep seperti ini ternyata bisa menghasilkan kontruksi yang lebih ringan tetapi tetap memiliki kekuatan maksimal karena adanya bagian beton.

Selanjutnya Joseph Monier menjadi sering dapat hak paten untuk penggunaan kontruksi besi beton bertulang pada bangunan yang lebih besar seperti jembatan, bendungan dan lain lain. Pada tahun 1875 William E. Ward Seorang warga Inggris berhasil membuat bangunan yang menggunakan konstruksi tulang beton pertama di Amerika Serikat. Tetapi dia menyatakan ide itu berasal dari buruh-buruh di inggris.

Dua tahun kemudian tepatnya pada tahun 1877, Thaddeus Hyatt yang berasal dari Amerika berhasil membuat analisa tentang ketahanan beton terhadap panas api.

Besi Beton bertulang. Pesan Sekarang juga. harga pabrik
Thaddeus Hyatt


















Sedangkan pada tahun sebelumnya di tahun 1870 salah seorang yang berasal dari San Francisco bernama E.L Ransome berhasil menemukan besi beton bertulang yang berbentuk ulir. Penemuan ini kemudian baru mendapatkan hak paten setelah 14 tahun lamanya, tepatnya pada tahun 1884.
Lebih baru Lebih lama
Whatsapp-Button