Home » » Tol CIPAL (Cikampek-Palimanan) Dipastikan Beroperasi Juni 2015

Tol CIPAL (Cikampek-Palimanan) Dipastikan Beroperasi Juni 2015

CIKAMPEK - Tol Cikampek-Palimanan dipastikan akan beroperasi pada 2015. Diperkirakan dalam tujuh bulan lagi atau pada Juni, tol tersebut akan dapat digunakan.
"Secara konstruksi Juni selesai, bisa beroperasi," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadi Moeljono saat meninjau Tok Cikampek-Palimanan, Rabu (29/10/2014).

Sebelum benar-benar beroperasi, dia mengatakan akan melakukan pengontrolan terakhir setidaknya pada Maret 2015. Menurut dia, pengecekan terakhir tersebut agar mengetahui apa saja kekurangan yang terjadi pada pembangunan tol Cikampek-Palimanan. "Jadi sisa waktu tiga bulan masih bisa menyelesaikan kekurangan," tambahnya.

Credit Foto : antaranews.com


Menurut dia, tol Cikampek-Palimanan ini tidak menutup kemungkinan akan mudah terkena longsor. Namun, konstruksi yang telah dilakukan mampu mengurangi risiko seperti itu. "Jadi wilayah yang mudah longsor gampang dibenahi, karena disemprot dengan semen, segi kualitas dan lingkungan tidak tertutup, keamanan saya kira baik," katanya.

Menurutnya, pembangunan fisik jalan tol Cikampek-Palimanan hingga akhir 2014 ini diperkirakan mencapai 85 persen. Pasalnya, sampai saat ini konstruksi tol yang masuk dalam program pembangunan tol trans jawa ini sudah mencapai sekitar 67 persen.

Dia yakin target perkembangan konstruksi pada Tol Cikampek-Palimanan ini dapat rampung pada 2015, setelah merasakan sendiri atmosfer pengerjaan jalur tol tersebut. "saya kira logis karena sekarang saja sudah 67 persen, sekarang sudah 10 persen kenaikannya," pungkasnya.

Sekadar informasi, Menteri Pupera Basuki Hadi Moeljono tengah melakukan peninjauan perdananya sebagai menteri pada tol Cikampek-Palimanan yang diharapkan dapat menjadi jalur pilihan saat Hari Raya Lebaran 2015. Pembangunan Tol Cikampek-Palimanan sendiri memiliki total panjang 116,75 kilometer (km). Di mana total investasi proyek ini sekira Rp12 triliun.

Tol Cikampek-Palimanan sendiri mulai dibangun pada 2011, dan ditargetkan pembangunan tol tersebut rampung pada kuartal II-2015, meskipun di awal pembangunannya tol ini mengalami keterlambatan yang terkedala pada sektor pembebasan lahan.

sumber : okezone.com

Facebook Page